Menu

Try It

Website Or Blog?


Di artikel mengenai 8 cara memulai bisnis online, ada beberapa hal yang Petualang Online yakini bahwa teman-teman sudah paham caranya. Nah di artikel ini, kita akan bahan beberapa hal yang memang berhubungan langsung hanya dengan teknologi informasi, yaitu mempersiapkan Website ataupun Blog, sebagai marketspace yang teman-teman pilih. Mana yang lebih baik?

Klo liat sejarahnya (hehehe berasa kuliah..), Blog dan Website memang jauh berbeda. Website adalah domain independen berisi berbagai halaman yang terintegrasi dan berada di jalur world wide web (www) sebagai server tunggal. Sedangkan Blog, pada dasarnya cuma merupakan halaman yang ddipublis di jalur www tapi terintegrasi kedalam server tertentu (analoginya serupa dengan pages yang kamu bangun di facebook).  Nah seiring perkembangan teknologi, semakin banyak dan canggihnya search engine, dan munculnya berbagai media sosial dan program seperti rss feed, saat ini Blog dan Website bersaing sama kuatnya di jalur www. Karenanya, sekarang Blog juga bisa mengalahkan popularitas suatu Website. Nah lalu mana yang terbaik ya? 

Mari kita lihat rangkuman dari berbagai sumber:

  • Jaringan: Website akan lebih luas dibandingkan Blog
  • Grafik tampilan: Website lebih baik dibandingkan Blog
  • Pencarian di search Engine: Website lebih mudah di lacak dibandingkan Blog
  • Updating: Website lebih sulit diupdate dibandingkan Blog
  • Fleksibilitas Komunikasi: Website lebih statis dan berkesan satu arah, sedangkan Blog dinamis dan lebih dua arah
  • Modal: Website lebih mahal dan Blog gratis
Benar tidak? SALAH... Untuk berbagai hal disebutkan diatas, saat ini keduanya telah memiliki keunggulan yang dapat dikatakan sama. Kalaupun ada bedanya, tidak signifikan untuk mengatakan tipe yang satu lebih baik dari tipe lainya. Soo satu-satunya yang mungkin masih membedakan keduanya tinggal beberapa hal saja dan initinya terletak pada satu hal:
  • Otoritas: Pemilik Website memiliki otoritas penuh atas isi websitenya, sedangkan Blog terikat dengan beberapa aturan yang dibuat pengelola server utama (seperti Google yang memiliki otoritas Blogger)
Soo perbedaan hal-hal seperti memory data yang dapat diungah, seberapa besar jaringan traffic yang dapat ditampung, bagaiaman conten isi, hingga kecepatan akses, bagi teman-teman yang akan menjadi pengguna Blog maka hal tersebut akan bergantung pada provider Blog yang digunakan. Sedangkan pada Website, maka semua hal tersebut ditentukan oleh teman-teman sebagai pemilik Website. Seperti mau besar memory datanya maka bayarlah lebih, dan jika ingin cepat maka pilih hosting dan paket yang besar dan cepat pula. Meski mengesankan website lebih memiliki kebebasan bagi teman-teman, tapi sekali lagi belum tentu website teman-teman lebih menguntungkan dibanding sebuah blog. Ada sedikit rangkuman kesimpulan yang dapat dijadikan pertimbangan teman-teman dalam memutuskan hal ini.


Blog sangat cocok untuk teman-teman yang masih belajar (baik belajar bisnis maupun belajar berbagai bahasa pemrograman komputer), tidak bermasalah dengan batasan dari provider blog, dan tidak bermasalah dengan bekerja keras untuk membangun kredibilitas. 

WebSite akan lebih cocok untuk teman-teman yang sudah paham seluk beluk bisnis dan media online (termasuk berbagai bahasa pemrograman komputer), sudah memiliki usaha dan tinggal mempertahankan kredibilitas usahanya, serta ingin memiliki otoritas penuh (ataupun merasa idak ada satupun blog yang dapat memenuhi kualifikasi kebutuhan teman-teman, apakah kuota memori, kecepatan akses dan lainnya).

Jadi perlu diingatkan kembali ya.. Keuntungan Bisnis Online bukan dari apa media yang teman-teman pilih semata; tapi dari ketepatan pilihan dengan kebutuhan dan kemampuan teman-teman. Jadi jangan khawatir juga jika teman-teman memilih memulai dengan membangun Blog, karena nantinya suatu Blog bisa teman-teman upgrade ke dalam bentuk website.  Justru hal terpentingnya adalah bahwa keuntungan bisnis online yang utama justru terletak pada kemampuan membangun jaringan, strategi pemasaran, dan bagaimana teman-teman mengelola dan menampilkan situs/blog serta produk dan jasa yang ditawarkan secara maksimal. 



2 komentar:

  1. Kayaknya website lebih terkesan profesional dibandingkan dengan blog.Sebuah blog juga bisa diubah domainnya menjadi website,sehingga mempermudah urusan update artikel dan sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow Felix, senangnya ada yang masuk.. Terimakasih tambahan masukannya ya.. ;-)

      Hapus