Menu

Try It

8 Easy Step to Start Your Online Business




Kemarin-kemarin Pertualang Online sudah mengajak teman-teman memikirkan tiga hal: apa produk dan jasa yang akan ditawarkan, mengenal marketplace dan marketspace, serta memahami modal, biaya dan keuntungan dari keseluruhan bisnis online secara umum. Nah sekarang saatnya mulai mempersiapkan secara teknis langkah-langkah memulainya. 

1. Siapkan Email merupakan tips basi yang kadang dilupakan tapi sebenernya penting. Siapkan artinya bukan hanya signup, tapi juga mengorganisasikan isi email. Buat beberapa folder sesuai kebutuhan (klien, transaksi keuangan, dll) serta sesuai jenis produk (kalau teman-teman memiliki beberapa produk dan situs nantinya). 

2. Siapkan Rekening Bank seperti sudah disebutkan di artikel-artikel sebelumnya. Siapkanlah minimal dua rekening: untuk dipublish atau transaksi, dan untuk menyimpan dana hasil transaksi. Tau kan fungsinya kenapa harus dipisah?


3. Siapkan Akun Payment/Transaction Service
 karena beberapa klien teman-teman nantinya akan ada yang tidak langsung menggunakan akun perbankan, tapi justru memanfaatkan payment service. Maka pilihlah layanan dengan jaringan luas seperti Paypal, atau sesuai area usaha teman-teman (seperti jika di Indonesia melalui Ipaymu). 

4. Tetapkan Brand dan Strategi yang tidak hanya terbatas dalam hal menetapkan apa produk dan jasa yang akan dijual, tapi juga brand (merek atau nama usaha teman-teman), fokus usaha, dan segala strategi pemasaran. Jika teman-teman memiliki kemampuan dan ide berlebih, jangan dicampur-adukan dalam satu brand ya. Dalam kasus tersebut buatlah beberapa brand. 


5. Siapkan Website/Blog sebagai wujud perusahaan virtual atau toko teman-teman. Sehubungan dengan tips nomor tiga sebelumnya, buatlah website/blog sesuai brand atau kebutuhan teman-teman. Dan jika teman-teman memang butuh atau mampu menangani lebih dari satu brand, buatlah beberapa website/blog. Untuk persiapan membangun blog maka buatlah alamat yang unik dan tetapkan tampilan website/blog yang sesuai. Sesuai artinya tepat merepresentasikan brand, usaha, produk dan jasa teman-teman; dan harus komersil dan menarik ya..


6. Siapkan segala Identitas Diri Beberapa klien di dunia online yang terpercaya terkadang membutuhkan banyak data diri teman-teman. Terutama jika yang teman-teman wakili adalah perusahaan. Soo ga ada salahnya siapkan baik segala data identitas (nomor identitas, alamat, nomor telpon SIUP/NPWP) maupun scanan dari: Foto, KTP atau Paspor, kartu kredit/virtual credit card. Khusus buat masalah kartu kredit dibahas nanti ya..


7. Bangun Jaringan Yap, media sosial baik dari facebook, twitter, path, dan media sosial lainnya, akan sangat bermanfaat bagi teman-teman. Gabung juga dengan berbagai grup online dan offline yang ada, baik jaringan untuk belajar dunia bisnis online, dan jaringan sesuai fokus usaha teman-teman. Integrasikan bersama seluruh media sosial dan website/blog teman-teman.

8. Mulai Kerjasama Terlepas dari jenis usaha teman-teman, baik berupa membangun sistem sendiri atau memanfaatkan/berafiliasi dengan sistem yang telah ada, kerjasama sangat dibutuhkan. Untuk jenis bisnis online yang berbasis usaha konvensional, carilah pemasok produk dan jasa yang terpercaya. Dan jika yang teman-teman pilih adalah berafiliasi atau menjadi reseller, mendaftarlah di situs yang terpercaya. 


Walah akhirnya bisnis online teman-teman bisa dimulai. Ingat selalu ya, agar bisnis kita terus berkembang, teruslah belajar dari berbagai pihak, dan selalu evaluasi usaha yang teman-teman lakukan... Kerja keras cerdas yang selalu diiringi doa jangan pernah dilupakan.. Sukses selalu teman-teman...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar