Menu

Try It

Choose Your Blog

Blog merupakan cara paling mudah membuat marketspace bagi para pemula dalam memulai bisnis online. Teman-teman mungkin sudah mengetahui, bahwa sekitar 4 tahun lalu, masih ada hampir 100 provider blog global, diluar provider-provider lokal di tiap negara. Tapi sekarang? Yap, jumlah provider blog bisa dihitung terbatas jumlahnya. Blog yang dulunya memang secara eksplisit dibuat untuk tujuan tertentu, beberapa diantaranya masih bertahan ko sampai sekarang. Diantaranya adalah blog: Activity and Community Blog (blogabond, tblog, soulcast), Journal and Diary Blog (insanejournaljournalfenlivejournal, opendiary), Mobile Blog (busythumbs), hingga blog yang sifatnya umum (blogsome, blogspirit, blogster, xanga, rediffland, wokaylah).

Meski masih bertahan blog-blog di atas memiliki beberapa kelemahan, khususnya jika digunakan sebagai media berbisnis online. Kurang maksimalnya tampilan grafis, terbatasnya fitur widget dan gadget, kapasitas tampungan data, termasuk kesulitan mengkonfigurasi data xml dan html yang jadi sarat pemasangan iklan. Tapi beberapa provider blog tumbuh kian pesat dalam memberikan fasilitas bagi pelanggannya, termasuk untuk digunakan dalam bisnis online. Secara fungsional, blob-blog berikut ini lebih dianggap cocok untuk dimanfaatkan oleh berbagai bidang bisnis online.

Blog

Blog.com sebenarnya telah ada sejak tahun 2004, dan seumur dengan provider-provider blog umumnya yang disebutkan dibawah. Tapi sejak berdiri hingga beberapa tahun lalu, fokus mereka memang hanya pada segmen konsumen yang ingin membuat jurnal pada media blog (soo fiturnya aga tertinggal). Tapi saat ini, Blog.com sudah memberikan fitur yang hampir sama dengan blog-blog ternama lain, meski tampilan grafiknya masih sedikit kurang maksimal.


Blogspot/Blogger

Provider ini, kini telah bergabung dalam bendera Google. Saat ini blogspot merupakan blog terbesar dari jumlah halaman dan jumlah penggunanya. Selain stabil dalam jaringannya, segala fasilitas dan fitur terlengkap diantara blog lainnya, diberikan bagi pengguna blogspot dan tentunya telah terintegrasi dengan sistem Google. Soo seluruh produk Google (maps, translate, google+, dan lainnya) juga dapat ditautkan dan diakses melalui blog yang satu ini. Blogspot juga memberikan petunjukan penggunaan yang sangat detil. Saking detilnya sangat mengasyikan buat kamu-kamu yang suka baca dan belajar, tapi membingungkan buat yang lmenginginkan hal yang simpel.

Bravenet

Pas mencoba menggunakan bravenet, petualang online sedikit bingung membuat reviewnya. Tidak ada kelemahan signifikan pada blog ini, tidak ada kelebihan yang signifikan juga. Bagus tapi tidak menggigit (hahaha). Kalo diperumpamain, bravenet serupa dengan blogspotnya google, dengan fasilitas kualitas fitur seperti blog.com. Buat teman-teman yang menggunakan bravenet juga tidak perlu khawatir, masalah tampilan grafik, cukup bisa diandalkan. Dan tampilan blog bravenet juga sudah bisa disesuaikan untuk tampilan komputer (desktop/web version), smartphone, maupun tablet.


SquareSpace 

Provider ini sebetulnya sangat fokus dalam membangun situs-situs dengan kualitas tampilan yang sangat tinggi. Teman-teman pasti akan terkesima dengan segala fitur dan tampilan blog dan website squarespace yang jernih, bersih. Pastinya menguntungkan dan cocok bagi teman-teman yang memiliki usaha berjualan online yang sangat mengandalkan tampilan grafik dari gambar dan video. Sayangnya squarespace merupakan fasilitas berbayar dan gratis hanya 14 hari, termasuk bagi pengguna fasilitas blog. Nah jika teman-teman memang berkeinginan upgrade blog menjadi website, coba aja dulu, karena berbayarnya relatif murah.



tumblr awalnya adalah gabungan bentuk media sosial dan mikroblog (blog dengan tampilan data yang diperkecil). Meskipun saat ini tumblr memposisikan fitur yang diberikannya serupa dengan blog-blog profesional lainnya seperti Blogspot dan WordPress, tapi nuansa anak muda ga bisa hilang sepenuhnya. Karenanya citra tumblr tersebut akan mempengaruhi usaha online teman-teman, yang dapat membantu jika sejalan, dan kurang cocok jika citranya tidak sejalan. Kelebihan tumblr lainnya yaitu cocok menampilkan secara singkat berbagai gambar, video, dan uraian singkat produk dan jasa yang ditawarkan teman-teman. 



Provider Blog ini telah ada sejak 2003, dan dari data saat ini telah ada 71 juta halaman blog wordpress, dimana 3,4% nya dari Indonesia (negara teraktif keempat di dunia). Wordpress sebagai provider blog sangat stabil dan sangat update terhadap perubahan lingkungan informasi teknologi, sehingga memuat berbagai fitur blog terkini. Berbagai petunjuk mengenai help support bagi pengguna sangat singkat, padat, jelas dan mudah dipahami; sehingga cocok bagi pemula. Segala jenis data (video, musik, gambar, artikel) juga dapat disematkan di blog ini, dan telah terintegrasi dengan berbagai media sosial. 


Berdasarkan penilaian petualang online, blog dari weebly merupakan blog paling mudah digunakan bagi pemula. Fiturnya dan grafik tampilannya setara dengan blog lainnya. Template dasar yang disediakan sudah sangat artistik. Kelemahannya mungkin dalam hal eksposure dan jaringan komunitas penggunanya yang masih terbatas. Jadi cocok-cocok aja buat teman-teman yang pada dasarnya sebelum memulai bisnis online sudah punya relasi yang segudang jumlahnya.

Nah sebagai penutup artikel awal mengenai serba-serbi blog, petualang online mengusulkan teman-teman jalan-jalan sebentar ke beberapa blog di atas untuk menilai juga masing-masing kelebihan dan kekurangan blog-blog yang ada. Dan ada tips sedikit untuk memilih blog bagi bisnis yang akan teman-teman jalanin:

  • Nilailah diri teman-teman apa mampu dan mau mempelajari bahasa pemrograman? Jika iya, apapun blognya tidak masalah. Tapi buat yang menjawab tidak, maka pilihlah blog-blog dengan penggunaan yang sederhana dan mudah.
  • Apakah bisnis online teman-teman butuh tampilan grafik kualitas tinggi bagi promosi produk dan jasa? Jika ya, maka carilah blog yang sesuai. Tapi jika teman-teman sebagian besar blognya akan berisi hanya artikel, maka apaun blognya tidak masalah dong.
  • Coba perhitungkan apakah kapasitas data dan akses jaringan yang disediakan provider blog, cocok bagi kebutuhan teman-teman?. Apakah 
  • Pilihlah blog yang juga memiliki komunitas dan jaringan yang luas sesuai dengan bisnis teman-teman.
  • Layaknya perusahaan maka provider blog pada dasarnya memiliki citra yang kuat, serta segmen dan positioning pasar masing-masing. Cobalah nilai apakah citra dan positioning provider akan mengganggu citra dan positioning bisnis teman-teman.
Sekarang waktunya memilih teman-teman.. Besok petualang online akan mengupdate artikel mengenai membuat dan mendesain blog usaha teman-teman..  Klo ada yang kurang jelas, jangan segan-segan untuk bertanya ya.. :-)

a billingsgate knows exactly how it wants it

4 komentar:

  1. If intense for you is working out for an hour a day, but due to life's busy schedule you only have time for 20 minutes a day, then those 20 minutes will go an extremely long way. It might not necessarily be classified as "intense", according to your definition, but those little cardio moments will have positive health altering effects.
    Westminster Finance
    Westminster Finance
    Westminster Finance
    Westminster Finance
    Westminster Finance

    BalasHapus
  2. Weight Loss Truth: You can over indulge in food during the day and not eat a single thing at night and you WILL gain weight. As is the fact that you can starve yourself during the day and eat all night long and you still will gain weight. The key here is balance. If your body is telling you that it is hungry then perhaps you should listen to it. The truth is, that over eating, while not exercising,

    Azithromycin
    Azithromycin
    Azithromycin
    Azithromycin
    Azithromycin

    BalasHapus
  3. If intense for you is working out for an hour a day, but due to life's busy schedule you only have time for 20 minutes a day, then those 20 minutes will go an extremely long way. It might not necessarily be classified as "intense", according to your definition, but those little cardio

    Tetracycline
    Tetracycline
    Tetracycline
    Tetracycline
    Tetracycline

    BalasHapus