Menu

Try It

Online Business? Capital, Risk, and Benefits


Selamat malam teman-teman. Ini adalah artikel terakhir sebelum kita mulai masuk ke artikel lainnya lebih parktis. Apa yang akhirnya butuh kita ketahui sebelum benar-benar memulai bisnis online adalah mengkalkulasi Modal, Resiko, dan Keuntungan. Dengan paham ketiganya, kita bisa membuat rencana baik untuk mewujudkan impian atau tujuan kita.

Modal bisnis online apakah bisa gratis? Jawabannya bisa iya dan tidak. Modal yang sering disebut-disebut dalam bisnis online dapat dirangkum sebagai:
  • Internet service and network provider: modal ini berhubungan dengan pulsa, atau layanan internet yang teman-teman pilih, dan bagi perusahaan besar berarti membangun platform dan piranti tekonologi IT yang kompleks. Meski jika untuk kepentingan individu semata, sekarang ada banyak tempat memberikan sarana wifi gratis (kaya di cafe, resto, dll), teman-teman harus menghitung berapa biaya nongkrongya dan biaya transportasi menuju ke tempat itu. Walau kesannya kecil, jangan anggap enteng biaya ini. Business is business, so biasakan mulai mengkalkulasi biaya sekecil apapun. Siapa tau suatu saat bisnis online teman-teman menjadi besar seperti amazon, ebay, facebook, dan lainnya.
  • Hosting : modal ini dimaksud sebagai alamat situs atau tempat teman-teman berbisnis di media online (marketspace yang teman bangun). Teman-teman umumnya akan menyediakan biaya untuk membeli dan menyewa domain atau nama situs (seperti  ..........com). Ini bisa gratis, terlebih ketika teman-teman memulai bisnis dengan menggunakan blog (seperti dengan blogspot dari google) atau media sosial (twitter dan facebook). Tapi sekali lagi, rencana untuk mengalihkan bisnis ke dalam domain yang lebih profesional harus mulai direncakanan. 
  • Bisnis and Social Network : Modal ini berhubungan dengan bagaimana teman-teman membangun kerjasama dengan situs lainnya, dan juga kemampuan teman-teman membangun komunitas dan pertemanan sosial. Di dunia online, bagian kerjasama bisnis paling awal adalah menjadi subscriber atau berlangganan di suatu link tertentu (untuk kebutuhan affiliate, dll), termasuk untuk berlangganan layanan transaksi keuangan (deposit di paypal atau layanan sejenis lainnya). Beberapa hal tersebut juga bisa gratis, karena banyak layanan yang bersifat hanya deposit (soo uang yang disimpan bisa ditarik kembali), tapi proses tarik dan kirim dananya pasti memakan biaya kan. Walau kecil, tetap diperhitungkan ya.
Jika diuangkan, berapa sih modal bisnis online itu secara eksplisit? Untuk teman-teman yang melakukan bisnis online dalam konteks perusahaan, mungkin menghabiskan biaya minimal Rp. 1 juta-an sebulannya. Untuk teman-teman yang sifatnya individu, nilai modalnya minimal sekitar Rp. 100ribu-an sebulannya. Tolong diingat teman-teman, meskipun modalnya bisa Rp. 0, tapi jangan berhitung modalnya Rp. 0. Ini sangat penting dan ada fungsinya. Pertama, agar kita bisa membuat rencana berapa minimal keuntungan yang harus didapat, karena bisnis adalah mengenai pencapaian keuntungan, mulai biasakan berencana ya. Kedua, agar teman-teman bisa mengukur produktifitas bisnis online yang dijalankan. 

Resiko yang akan dihadapi para pebisnis online juga sangat banyak. Bukannya ingin membuat pesimis, tapi justru agar kita mempersiapkan diri, agar tidak terjebak dalam resiko tersebut. Resiko-resiko yang biasanya dihadapi secara garis besar diantaranya adalah:
  • Fraud (penipuan): yaitu segala penipuan berkedok tawaran investasi dan keuntungan. Biasanya dilakukan para penipu online yang mengiming-imingi keuntungan atau meminta pengiriman sejumlah dana. Mereka juga biasanya menipu dengan membangun situs yang terkesan sangat meyakinkan, atau meniru (meng-copy) situs yang sudah ada. Solusinya, teman-teman coba mulai baca, bertanya dan cari tau situs mana saja yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Dan yang terpenting cek dan baca ulang alamat situs yang dituju (contohnya link asli BCA adalah www.klikbca.com dan bukan www.klikkbca.com). Karena beda satu huruf teman-teman bisa masuk ke alamat tujuan berbeda.
  • Hijack (pembajakan): merupakan segala jenis pencurian data, baik data diri, alamat email, password, pin, nomor akun, dll. Tips sederhana yang dapat teman-teman lakukan adalah mengganti password atau pin secara rutin, serta jangan asal memberikan data, terlebih jika diminta oleh link-link, email, atau situs yang tidak terpercaya. Sedangkan khusus pengamanan finansial, sediakanlah satu rekening bank khusus transaksi dan satu lagi khusus penyimpanan uang. Jangan menyimpan terlalu banyak dan terlalu lama sejumlah uang hasil keuntungan bisnis online di suatu nomor rekening bank, terlebih jika nomor itu telah dan akan dipublish atau diregistrasikan di media online manapun. Jadi jika teman-teman mendapat transfer keuntungan, segeralah tarik dana tersebut dan pindahkan ke rekening lainnya. Dan bagi pemegang kartu kredit, gunakanlah kartu kredit teman-teman yang memiliki batas limit paling rendah. Sebagai contoh ketika kita memiliki dua kartu dimana satu dengan limit Rp 5juta, dan satu lagi Rp 15 juta, soo gunakanlah yang Rp 5juta.
  • Technical Problem : Hal ini berhubungan dengan gangguan pada sistem IT baik di perangkat klien atau diperangkat yang teman-teman miliki. Ga ada solusi lainnya, selain teman-teman bertanya langsung dengan mengirimkan email ke klien tersebut. Dan tips lainnya mulailah sedikit-sedikit belajar mengenai IT. 
  • Unplanned Online Risk : Nah resiko ini sekilas seperti penipuan atau pembajakan, tapi pada dasarnya tidak dilakukan oleh pembajak dan para penipu, melainkan ada hal lainnya. Contohnya ketika ada situs klien teman-teman yang pada suatu saat akhirnya ditutup. Bisa juga teman-teman tidak awas membaca berita, dan syarat kerjasama, sehingga bonus , poin, uang, reward yang teman-teman miliki dihanguskan.  Tips untuk hal ini, segeralah menarik dan menukarkan segala bentuk keuntungan ketika telah memenuhi sarat batas penarikan. Tips lainnya jangan bertindak menyalahi aturan yang telah disyaratkan ketika memulai kerjasama.  
Seluruh bagian ini secara rinci akan dibahas pada artikel lainnya nanti ya.... 

Keuntungan merupakan hal yang menjadi tujuan bisnis termasuk bisnis online. Mungkin diantara teman-teman ada yang tidak terlalu berfikir ambisius tentang uang, tapi ketika berbisnis online cobalah untuk memprediksikan dan menominalkan keuntungan itu, agar kita tau pasti bahwa kita diuntungkan dan tidak dirugikan. Mengapa sih? karena benefit bisnis online ga harus selalu mengenai uang. Ini dia beberapa bentuk keuntungan bisnis online: 
  • Uang: merupakan keuntungan utama yang ditawarkan bisnis onlie, baik berbentuk tunai, cek, dan lainnya. Umumnya menggunakan mata uang USD, IDR, dan beberapa mata uang lainnya (terkadang tergantung pada klien yang teman-teman tuju).
  • Poin: juga disebut sebagai virtual money. Poin dapat dibelanjakan untuk membeli produk digital ataupun barang, dan dalam beberapa kesempatan dapat ditukarkan dalam bentuk uang. Jika teman-teman memang mengharapkan keuntungan berbentuk uang, dan poin tidak dapat ditukarkan dalam bentuk uang, maka belanjalah dengan poin tersebut, dan jual kembali produk yang teman-teman beli.
  • Barang: merupakan produk berbentuk digital ataupun fisik. Untuk mendapatkan keuntungan berbentuk uang, cara yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya dapat dilakukan.
  • Fasilitas: umumnya berbentuk bonus gratis berlangganan, gratis ongkos pengiriman, diskon, dan lainnya. Hal yang satu ini jarang dapat diuangkan, jadi manfaatkanlah bonus berbentuk fasilitas pada saat yang tepat (nanti kita bahas lebih lanjutnya).
  • Network: merupakan bonus non finansial, tapi dapat berguna dalam jangka panjang dalam mendukung keuntungan bisnis online. Network disini tidak hanya dalam hal mendapat relasi teman baru, tetapi juga mencakup rekan bisnis maupun konsumen teman-teman.
Keuntungan yang disebut di atas, adalah keuntungan yang sebatas dan berhubungan dengan konteks finansial. Sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya. Khusus beberapa hal tersebut, teman-teman harus jeli dalam memilih bonus yang ingin didapat, dan waktu mendapatkannya. Perhitungkan juga biaya-biaya yang ada. Sebagai contoh teman-teman menukarkan poin dengan sebuah jam tangan seharga US$10, dengan berbagai biaya (pajak, shiping, dan lainnya) sebesar US$10. Nah jadi ga ada keuntungannya kan... 

Wah artikel ini cukup panjang ya.. Seperti beberapa kali disebut di atas, nanti Petualang Online akan mendiskusikan seluruh hal di atas satu per satu secara lebih rinci.  Kesimpulan dari artikel ini adalah untuk mengajak teman-teman untuk berhitung (agar kita diuntungkan dalam bisnis online), catat (agar kita tau bagaimana perkembangan keuntungan atau kerugian bisnis kita dari waktu ke waktu), dan evaluasi (agar kita dapat memperbaiki sistem bisnis dan cara bisnis kita). Well, sudah siap memulai kan kalo begitu.... :-)



2 komentar: